CodeIgniter 1 # Instalasi dan Konfigurasi

CodeIgniter 1 # Instalasi dan Konfigurasi

Dear reader…

Buat Gie, CodeIgniter telah banyak bgt memberikan perubahan dalam hal Web Programming, Gie pikir CodeIgniter is Very fun and powerfull..hmm. Di sini Gie akan tuliskan pengalaman pengalaman selama Gie pake CodeIgniter sejak sekitar 3 bulan terakhir. Dan kali ini akan Gie tuliskan tentang Instalasi dan Configurasi Codeigniter 1.7.1 . Oh iya, tuk servernya Gie pake wampserver 2.0

Untuk instalasinya langkahnya seperti berikut:

  1. Download CodeIgniter di codeigniter.com
  2. Jalankan Wampserver
  3. Bikin folder project di www misal ci-project
  4. Extract file .zip yang kamu download ke dalam folder project tersebut
  5. Sampai disini instalasi CodeIgniter sudah selesai, untuk melihat hasilnya buka browser kamu, kemudian ketikan http://localhost/ci-project dan kurang  lebih tampilannya sperti ini..

Instalasi Framework odeIgniter

Ups.. jangan heran, kok tampilanya cuma “Welcome to CodeIgniter” ya.  Mana aplikasinya.????

Yaa, CodeIgniter adlah Framework. Berbeda dngn CMS yang mana setelah instalasi kita dapat langsung memakai aplikasinya. Sedangkan pada framework CodeIgniter ini kita hanya disediakan library-library untuk membangun aplikasi kita. So.., dengan framework kita membangun aplikasi dari nol. Tapi jangan khawatir , karena bersama CodeIgniter kamu akan merasakan coding2 yang sangat menyenangkan.

Okey untuk selanjutnya, kita ke tahapan konfigurasi sederhana agar kita dapat membuat aplikasi dengan framework  CodeIgniter.  Yang perlu kita konfigurasi adalah:

config.php

Di sini kita akan mengkonfigurasi base_url dari aplikasi kita. Buka file config.php, pada baris kode program seperti berikut:

[php]]$config[‘base_url’]    = "http://example.com/";[/php]

ubah menjadi

[php]$config[‘base_url’]    = "http://localhost/ci-project";[/php]

Ini sesuai dengan folder project yang kamu miliki. Konfigurasi selanjutnya adlah pada file

database.php

Disini kita akan mengkonfigurasi setting database yang kita gunakan untuk membuat aplikasi. Misalnya kita setting seperti berikut:

[php]$db[‘default’][‘hostname’] = "localhost";
$db[‘default’][‘username’] = "root";
$db[‘default’][‘password’] = "";
$db[‘default’][‘database’] = "projectdb";
</code>[/php]

Dengan setting sederhana ini, kita sudah dapat memulai untuk membangun Aplikasi dengan Framework CodeIgniter. Namun jika diperlukan kamu dapat mensetting file-file yang lain, misalnya pada file:

autoload.php : ini untuk mensetting library2 agar di load/dipanggil secara otomatis ketika aplikasi dijalankan, misal : library database, url, form , dsb.

routes.php : untuk setting default controller yang akan diakses pertama kali ketika aplikasi dijalankan.

Untuk yang lain silahkan dipelajri sendiri yachh… ntar disharing ke Gie klo boleh…he3x

Gie kira sampe disini postingan Gie tentang Instalasi dan Konfigurasi CodeIgniter. Sampe jumpa di postingan berikutnya ye…

About the author

gieart administrator

6 Comments so far

ionPosted on4:57 am - Jan 29, 2011

mas bagi-bagi source code codeigniter lah, mas mau tanyak. misalnya gini saya mau buat menu terus dari menu-menu tersebut yang bisa ngakses itu beda-beda, terus didalamnya juga ada tombol edit dan delete yang bisa delete dan edit itu user-user tertentu aja, kira mas ada source nya bisa bagi gak, klo bisa minta tolong ke email aq ya mas, thanks sebelumnya

    adminPosted on10:54 am - Jan 29, 2011

    Emm…. mungkin mas Ion bisa baca artikel aku yang Website Sekolah CodeIgniter Bagian II: Membuat Login Authentikasi User (Admin, Guru, Siswa, Alumni). Nah disitu kan ada 3 user yang berbeda (alumni, guru, dan siswa) sehingga dari situ ms ion bisa memodifikasi untuk program yang sperti mas maksud. Misalkan saja sbg Admin maka akan tampil semua link/menu insert,update, delete. Maka kita tinggal kasih kondisi:
    [php]
    session->userdata(‘type’) == ‘admin’):
    echo anchor(‘#’,’Edit’);
    echo anchor(‘#’,’Delete’);
    endif;
    ?>
    [/php]

    Dan seterusnya…hehe.. semoga bermanfaat. Jika masih ada kesulitan, aku berusaha untuk bantu jawab yang lebih jelas lagi…:)

    gieartPosted on4:45 pm - Jan 13, 2012

    Oh… coba dirubah base_url ny di /application/config/config.php
    ubah menjadi :

    $config[‘base_url’] = ‘http://localhost/sekolahku/’;

LembahstreetPosted on1:12 pm - Nov 14, 2012

mas pas running full sourcodenya eror di DB_driver.php
kenapa ya

Leave a Reply